Resensi Drama Korea The Last Emperss (2019): Fiksi Jatuhnya Kerajaan Korea

Empress Dignity
Sumber: AsianWiki
 Data/ Identitas Film

1. Judul Drama : The Last Empress/ Empress Dignity 
2. Genre : Misteri, Action, Romance, Comedy 
3. Sutradara : Joo Dong Min 
4. Penulis : Kim Sun-Ok 
5. Jumlah Episode : 52 Episode 
6. Tanggal Rilis : 21 November 2018 – 21 Februari 2019 
7. Durasi : 35 Menit/ Episode 


Pemeran Film :


1. Jang Na Ra : Oh Sunny/ Permaisuri 
2. Choi Jin Hyuk : Na Wang Shik/ Chun Won Bin (Pengawal Kaisar) 
3. Shin Sun Rok : Lee Hyuk/ Kaisar 
4. Lee Elliya : Min Yu Ra/ Sekretaris Kaisar 
5. Shin Eun Kyung : Janda Permaisuri/ Ibu Suri 
6. Yoon So Yi : Seo Kang Hee/ Pengasuh Putri Ah-Ri 
7. Oh Seung Yun : Lee Yoon/ Vincent Lee (adik Kaisar) 
8. Oh Ah Rin : Putri Ah-Ri/ Anak Kaisar 
9. Park Won Sook : Nenek Suri 

Ringkasan Cerita :

Berkisah tentang kehidupan jaman sekarang namun dengan pemerintahan negara monarki konstitusional yang mengakui Raja, Ratu dan Kaisar sebagai kepala negara. 

Empress Dignity 2019
Oh Sunny (Jang Na-Ra), seorang gadis biasa pemain teater musikal, mendapat pinangan dari Kaisar Korea, Lee Hyuk (Shin Sun Rok). Oh Sunny yang telah lama menjadi penggemar dari Kaisar Korea, tidak sadar bahwa dirinya sedang dimanfaatkan oleh Ibu Suri Kaisar (Shin Eun Kyung), yang menentang hubungan cinta anaknya dan sekeretarisnya, Min Yu Ra (Lee Elliyah). Sekalipun dicintai oleh Nenek Suri (Park Won Sook), nenek dari kaisar, Oh Sunny selalu diabaikan oleh Kaisar. 

Hubungan Min Yu Ra dan Kaisar terikat oleh sebuah rahasia pembunuhan seorang wanita. Wanita ini memiliki anak laki-laki, Na Wang Shik (Choi Jin Hyuk), menyusup menjadi pengawal Kaisar untuk membalas dendam pada Kaisar. Na Wang Shik sempat akan dibunuh oleh Kaisar berhasil mengubah penampilannya menjadi Chun Won Bin, sehingga tidak dikenali oleh Kaisar dan Min Yu Ra. 

Melihat Oh Sunny yang sering diabaikan oleh Kaisar dan dipermaikan oleh Ibu Suri membuat Na Wang Shik merasakan iba. Ditambah dengan kebaikan dan ketulusan Oh Sunny semakin membuat bersimpati dan jatuh cinta pada Oh Sunny. 

Selama di Istana Oh Sunny menemukan banyak misteri. Mulai dari kematian permaisuri terdahulu, hilangnya ajudannya permaisuri terdahulu, kematian Nenek Suri hingga misteri sebuah pulau yang begitu ingin dikuasai oleh Ibu Suri. 

Kelebihan:

- Film ini memiliki alur cerita yang dinamis sehingga tidak monoton dan membosankan. 
- Akting dari pemain-pemain di film ini sangat baik dan bisa mempengaruhi emosi penonton. Bahkan ada berberapa artis yang mampu membuat saya benci, seperti Ibu Suri, Kaisar, dan Min Yu Ra. 
- Setting istana yang indah memberikan nilai lebih pada Drama Korea ini. 
- Artis-artis yang menggunakan baju tradisional Korea jelas menggambarkan bahwa drama korea ini dibuat dengan serius dan biaya yang mahal. 

Kekurangan:

- Alur cerita bisa ditebak seperti kebanyakan cerita drama korea bertema kerajaan lainnya. 
- Terlalu banyak kejutan yang tidak perlu di drama ini. Banyak musuh dalam sekejap mata bisa menjadi sekutu. Hal ini malah menyebabkan cerita menjadi tidak alami. 
- Pada beberapa episode terakhir, karakter Na Wang Shik dihilangkan dengan cara yang tidak masuk akal sehingga jalan cerita melenceng jauh dari cerita utama. 


Kesimpulan :


Secara keseluruhan cerita ini bagus. Walaupun alur cerita tidak membosankan tapi masih bisa ketebak arah ceritanya. Masalah terbesar di cerita ini adalah saat tiba-tiba karakter Na Wang Shik dihilangkan dengan cara yang mengenaskan. Hal ini jadi merubah cerita secara keseluruhan dan membuat romantisme Na Wang Shi dan Oh Sunny di episode-episode sebelumnya menjadi suatu ganjalan dan tidak berarti. Dengan begitu banyaknya jasa dan kedekatan antara Na Wang Shik dan Oh Sunny, kematian Na Wang Shik tidak membuat permaisuri bersedih. Saya rasa ini aneh. 

Cerita ini diakhir dengan terlalu dipaksakan. Perubahan karakter Kaisar dari yang kejam menjadi orang yang baik sangat tidak bisa saya terima. Seolah-olah kita dipaksa untuk bisa menerima segala kesalahan Kaisar yang sama sekali tidak memiliki perasaan bersalah walaupun telah membunuh ibu Na Wang Shik dan orang lain. Saya sendiri bingung, siapa peran utama laki-laki di film ini? Na Wang Shik atau Kaisar? Siapa yang sesungguhnya dicintai oleh Oh Sunny? Bisa dibilang saya banyak kecewa pada akhir ceritanya yang mengganjal hati.

Catatan lain-lain: 

Drama Korea ini mendapat ratting yang tinggi sehingga ada penambahan episode, dari yang semula 48 episode menjadi 52 episode.

Komentar

  1. Betul, saya juga mengganjal banget soal Na Wang Shik & Oh Suni. Menurutku sih mnimal ketika istana sdh jadi museum, sekali aja mestinya ada adegan Oh Suni teringat dgn Na Wang Shik yg selalu setia menemani & melindunginya saat di istana. Tapi di episode terakhir itu malah Na Wang Shik benar2 seolah dihilangkan...

    Sedih dan bingung jadinya, penasaran dgn pilihan hati Oh Suni. Biarlah sama2 mati...tapi Masak iya sih Na Wang Shik yg seganteng & setulus itu kalah dgn kaisar di hati Oh Suni.

    T_T

    BalasHapus

Posting Komentar

THANK YOU BUAT KOMENTARNYA :)

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tinggal Di Gading Nias Residence – Apartemen Paling Murah Di Kelapa Gading

Resensi Drama Korea Innocent Man (2012): Pengorbanan Dan Penghianatan Cinta

Hijo De La Luna “Putra Rembulan”