Resensi Drama Korea Innocent Man (2012): Pengorbanan Dan Penghianatan Cinta



Innocent Man
Sumber: Asianwiki

Data/ Identitas Film:
1.       Judul Drama               : The Innocent Man
2.       Genre                          : Melodrama
3.       Sutradara                    : Kim Jin-Won
4.       Penulis                        : Lee Kyoung-Hee
5.       Tanggal Rilis              : 12 September – 15 November 2012
6.       Jumlah Episode          : 20 Episode
7.       Durasi                         : 60 Menit/ Episode

Pemeran Film :
1.       Song Joong-Ki            : Kang Ma-Roo
2.       Moon Chae-Won         : Seo Eun-Gi
3.       Park Si-Yeon               : Han Jae-Hi
4.       Yang Ik-Jun                 : Han Jae-Sik/ kakak Han Jae-Hi
5.       Lee Kwang-Soo          : Park Jae-Gil
6.       Lee Yoo-Bi                  : Kang Cho-Ko
7.       Kim Young-Chul         : Presiden Perusahaan Seo Jung Gyu / Ayah Seo Eun-Gi
8.       Kim Tae-Hoon             : Ahn Min-Young/ Sekretaris Presiden Perusahaan Seo
9.       Lee Sang-Yeob            : Park Joon-Ha/ Asiten Pribadi dan sahabat Seo Eun-Gi sejak kecil
10.    Jin Kyung                    : Hyun Jun-Hwa/ Sekretaris Seo Eun-Gi

Spoiler Alert
Ringkasan Cerita :
Kang Ma-Roo (Song Joong-Ki), mahasiswa berbakat jurusan kedokteran, diputus bersalah atas pembunuhan yang tak pernah dilakukannya. Menggantikan kekasihnya, Han Jae-Hi (Park Si-Yeon), yang kala itu bekerja sebagai reporter televisi. Demi cintanya yang besar pada Jae-Hi,  Ma-Roo rela dipenjara dan meninggalkan adiknya, Kang Cho-Ko (Lee Yoo-Bi) yang sedang sakit keras.

Setelah keluar dari penjara, Ma-Roo bekerja sebagai lelaki penghibur untuk membiayai pengobatan adiknya. Cita-cita Ma-Roo menjadi dokter terhenti di tengah jalan karena dia lebih memilih mencari uang dari pada kuliah. Bertiga, Ma-Roo, Cho-Ko dan sahabatnya, Jae-Gil, tinggal di permukiman kumuh. Ma-Roo tidak berniat meninggalkan kawasan itu karena dia berharap suatu hari Jae-Hi akan datang padanya.

Jae-Hi menjadi istri simpanan Presiden Perusahaan, Seo Jung Gyu (Kim Young-Chul). Dari hubungan ini, istri sah Presiden Seo terusir dari rumah dan meninggal dalam kecelakaan. Hal ini menimbulkan kebencian Seo Eun Gi (putri Presiden Seo), pada Jae Hi dan adik tirinya. Eun Gi (Moon Chae-Won) selalu memusihi Jae-Hi dan adik tirinya. Sekalipun Jae-Hi berusaha baik pada Eun-Gi dan adik tirinya suka mengajaknya bermain.
Song Joong-Ki
Innocent Man- Kang Ma-Roo
Saat perjalan kembali ke Korea dari Jepang, di peswat Jae-Hi bertemu dengan Ma-Roo. Pertemuan mereka terjadi saat Ma-Roo menolong Eun-Gi yang pingsan di pesawat. Jae-Hi terkejut tidak menyangka bertemu Ma-Roo. Jae-Hi awalnya tidak setuju saat Ma-Roo menolong Eun-Gi. Dari mulut Jae-Hi terucap kata-kata kasar pada Ma-Roo. Seolah-olah Jae-Hi tidak punya hubungan apa-apa dengan Ma-Roo di masa lalu. Di saat inilah Ma-Roo tahu bahwa isu Jae-Hi menjadi istri simpanan dan punyak anak adalah benar.
Park Si-Yeon
Innocent Man - Han Jae-Hi
Eun- Gi menjadi direktur utama di perusahaan. Dia pekerja keras dan pantang menyerah. Berbeda dengan sifat ayahnya yang suka menghalalkan segala cara, Eun-Gi adalah orang yang bisa diajak kompromi untuk mendapatkan jalan tengah dalam penyelesaian masalah. Hal ini membuat Presiden Seo kesal pada Eun-Gi dan Jae-Hi mengetahui hal itu.

Setelah pertemuan dengan Ma-Roo, Jae- Hi mendatangi rumah Ma-Roo. Dia membawa sejumlah uang dan meminta Ma-Roo untuk melupakan dan tidak mengganggunya. Eun-Gi yang diam-diam menyelelidiki kelemahan Jae-Hi, mendapat laporan bahwa Jae-Hi menarik 100 Juta Won dari rekening perusahaan. Saat bertemu dengan Jae-Hi, Eun- Gi menanyakan prihal uang 100 Juta won yang dia ambil dari rekening perusahaan. Untuk menutupi kesalahannya, Jae-Hi memfitnah Ma-Roo, dengan mengatakan bahwa Ma-Roo mengetahu masa lalu Eun-Gi yang pernah ketahuan membawa narkoba. Padahal, dimasa lalu, Eun-Gi tidak benar-benar membawa narkoba melainkan lelaki lain yang dicintainya.
Moon Chae-Won
Innocent Man - Seo Eun-Gi
Segera saja Ma-Roo ditangkap polisi. Sekali lagi, Ma-Roo meninggalkan Kang Cho-Ko yang sedang sakit. Ma-Roo terkejut saat tahu pelapornya adalah Jae-Hi. Ma-Roo berkeras tidak pernah memeras Jae-Hi.  Jae-Hi yang ingin menutupi kesalahannya mengucapkan kata-kata kasar dan menyakitkan pada Ma-Roo. Sekalipun demikian, Ma-Roo ingin membawa Jae-Hi kembali padanya dan dia juga penasaran bagaimana kehidupan yang di jalani Jae-Hi yang sesungguhnya. 


Ma-Roo dilepaskan oleh polisi karena kurang bukti atas pemerasan yang Jae-Hi laporkan. Ma-Roo ingin membawa Jae-Hi kembali ke sisinya, berusaha mendekati Eun-Gi dan  menarik perhatian Eun-Gi. Dengan pengalaman merayu wanita, Ma-Roo berhasil mendapatkan hati Eun-Gi. Segala kebusukan Jae-Hi mulai terlihat dengan mata Ma-Roo sendiri. Dia melihat Jae-Hi berciuman dengan sekretaris Ayah Eun-Gi di depan rumah. 

Eun-Gi diusir ayahnya dari rumah setelah mengganggalkan penjualan sebuah resort di Jepang. Eun-Gi memilih tinggal bersama Ma-Roo. Jae-Hi berusaha untuk meyakin Eun-Gi untuk meninggalkan Ma-Roo dengan mengatakan bahwa Ma-Roo akan membuatnya terluka.

Ayah Eun-Gi tidak menyetujui hubungan Eun- Gi dan Ma-Roo. Ma-Roo memanfaatkan Eun-Gi untuk membuat Jae-Hi cemburu. Eun-Gi yang keras kepala rela kehilangan segalanya demi Ma-Roo. Setelah tahu bahwa Ma-Roo pernah menjadi kekasih Jae-Hi, Eun Gi tetap teguh pada pendiriannya.

Ayah Eun-Gi melihat CCTV saat Jae-Hi berciuman dengan Sekretarisnya. Hal ini membuat ayah Eun-Gi mengubah surat wasiat dan mewariskan semua harta pada Eun-Gi, tanpa menyisakan untuk anak Jae-Hi. Saat sedang berdebat dengan Jae-Hi, ayah Eun –Gi terkena serangan jantung dan sengaja tidak dibawa ke rumah sakit hingga meninggal oleh Jae-Hi dan Sekretaris Ahn.

Dalam keadaan baru saja menerima kenyataan pahit bahwa Ma-Roo sengaja mendekati Eun-Gi karena Jae-Hi, Eun-Gi menerima kabar bahwa ayahnya meninggal karena serangan jantung. Di saat itu, Eun-Gi sengaja menabrakkan mobilnya ke mobil Ma-Roo dengan keras.

Setahun setelah kejadian itu, Eun-Gi menghilang. Jae-Hi menggantikan posisi Eun-Gi sebagai Direktur Utama. Ma-Roo menjadi penipu untuk memdapatkan uang. Hidup Ma-Roo menjadi lebih kacau dan tak berperasaan dari sebelumnya. Ma-Roo merasa bersalah pada Eun-Gi, karena telah menghancurkan hidup Eun-Gi.

Saat bertemu kembali dengan Eun-Gi yang mengalami lupa ingatan dan kehilangan kemampuannya dulu, Ma-Roo ingin menghindari Eun-Gi. Eun-Gi sendiri tinggal bersama sekretarisnya yang sebelum ayahnya meninggal diminta untuk selalu menjaga Eun-Gi. Sementara itu, Jae-Hi ingin menyingkirkan Eun-Gi agar tetap bisa menjadi direktut utama perusahaan. Atas permintaan Sekertaris Eun-Gi, Ma-Roo bersedia untuk menolong dan menjaga Eun-Gi hingga mendapatkan apa yang menjadi haknya.

My Opini:
Saya nonton drama ini di tahun 2019, padahal drama Korea Innocent Man sudah dirilis sejak akhir tahun 2012. Sekalipun ditonton 7 tahun dari tanggal rilisnya, drama Korea Innocent Man tetap menarik hati saya. Saya sedikit menyesal nggak nonton dari dulu aja. Alasan saya tidak menonton drama Korea ini, Moon Chae Won bukanlah salah satu artis Korea favorit saya. Drama Korea yang pernah dibintanginya “Princess Man” pernah saya tonton hingga 2 episode saja. Sementara Song Joong Ki pun kurang menarik hati saya di “Descendants To The Sun”. Menurut saya dia “biasa-biasa saja” di drama Korea itu. Memang banyak orang yang menyukai drama Korea "Descendants To The Sun", tetapi saya kurang suka dengan karakter-karakter dalam dramanya juga alur ceritanya.

Di drama Korea "Innocent Man", saya cukup terpesona dengan keberhasilan Moon Chae Won menghidupkan karakter Seo Eun Gi. Demikian juga dengan Song Joong Ki, dia sangat cocok dengan peran Kang Ma-Roo. Begitu juga dengan para peran antagonisnya, bisa membuat emosi penonton bangkit.

Karakter favorit saya dalam drama "Innocent Man" yaitu Kang Ma-Roo dan Kang Cho-Ko. Karkater Kang Ma-Roo yang manis dan penyayang sangat menarik wanita dalam drama juga penonton di dunia nyata. Sementara Kang Cho-Ko, memiliki karakter yang jujur, terbuka dan tulus. Wajar dan realisitis jika kakak beradik bisa memiliki kemiripan karakter.

Alur dalam drama ini cukup menarik dan tidak membosankan. Alurnya hampir mirip dengan kebanyakan drama Korea lainnya. Drama Korea "Innocent Man" diakhiri dengan ending bahagia yang tidak terduga dan manis.

Saya sangat tersentuh dengan narasi akhir dari Ma-Roo. Kata-katanya sangat menyentuh hati saya. Saat di awal cerita, Ma-Roo sempat mempertanyakan eksitensi Tuhan.

“Apakah Tuhan itu ada. Jika ada mengapa hidupku begini?”

Pertanyaan ini mungkin bukan hanya Kang Ma-Roo yang pernah mengucapkan. Orang-orang dikehidupan nyata pun pernah mengucapkannya. Terutama orang-orang yang banyak memiliki masalah hidup. 

Ada saat Ma-Roo berdoa dalam hatinya, dia ingin hidup bahagia. Dimana kebahagian yang dia gambarkan adalah bisa bersama orang yang dia cintai, adiknya dan sahabatnya. Mendengar pertengkaran kecil mereka di dapur itu sudah menyamankan hati Ma-Roo. Diakhir cerita, segala doa Kang Ma-Roo terjawab dan dia merasa bahagia.
Hore... Kang Ma-Roo bahagia akhirnya 😍😍😍
Kang Ma-Roo, Seo Eun-Gi dan Han Jae-Hi, memilik kesamaan keinginan untuk “bahagia”. Cara Kang-Ma Roo untuk bahagia dengan mencintai sepenuh hati. Seo Eun-Gi, keinginan terbesarnya bukanlah menjadi direktur utama perusahaan, melainkan menjadi seorang ibu dan memiliki anak yang banyak. Berbanding terbalik dengan Han Jae-Hi, dia orang yang menganggap, kebahagian bisa didapat dari harta kekayaan dan kedudukan.

Pelajaran lain yang saya dapat dari cerita ini, sekalipun kita menyayangi seseorang kita tidak boleh mengambil tanggung jawab atas kesalahan yang dia perbuat. Hal itu bisa membuat orang menjadi tidak intropeksi diri dan memperbaiki kesalahannya.

Nilai untuk drama Korea Innocent Man : 8,5 ( layak untuk ditonton)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tinggal Di Gading Nias Residence – Apartemen Paling Murah Di Kelapa Gading

Dua Serigala Yang Bertarung Di Dalam Diri Kita