Stop Hoax



Hoax dipaham sebagai berita bohong yang sengaja dibuat dan disebarkan untuk tujuan jahat. Hoax tidak memiliki sumber yang jelas dan tidak terverifikasi. Sengaja dibuat untuk membuat orang merasa cemas, saling benci dan saling bertikai. Isi berita hoax sering berat sebelah dan menyudutkan pihak tertentu, dengan judul yang provokatif sehingga menyulut rasa tidak suka pada pembacanya. Hoax memiliki potensi memecah belah masyarakat. Membuat pembacanya tidak berfikir sehat dan terhasut. Informasi yang tidak tepat bisa membuat salah persepsi pada suatu pristiwa.

Keberadaan hoax sudah ada sejak zaman dahulu. Menjadi sesuatu yang tak terelakkan dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat. Di masa lalu, hoax disebarkan dari mulut ke mulut, lewat selebaran dan berbagai media cetak lainnya. Di era digital, keberadaan hoax telah berada dititik puncaknya. Mudah dibuat, didapat, dilihat dan disebarkan. Dengan berbagai media sosial yang ada saat ini, keberadaan hoax semakin tidak terbendung di dunia maya.

Pada masa pemilihan presiden saat ini, berita hoax banyak tersebar dan menjadi konsumsi pengguna media digital dan berbagai media lainnya. Berita tersebut sengaja dibuat untuk menjatuhkan dan menyudutkan salah satu calon presiden dan calon wakil presiden. Tidak sedikit masyarakat yang mempercayai berita hoax, walaupun ada juga yang tidak terhasut. Akibatnya terjadi perselishan antara orang yang percaya pada berita hoax dan antara yang tidak percaya pada berita hoax.

Melihat dampak negatif dari hoax yang mengancam persatuan dan kesatuan Indonesia maka hoax perlu segere diantisipasi agar tidak terjadi perpecahan. Diawali dari diri sendiri yang lebih waspada kabar yang memiliki judul provokatif dan menyudutkan salah satu pihak. Sebelum mempercayai berita tersebut ada baiknya cek dengan sumber berita lain. Teliti pada alamat situs yang digunakan untuk menyebarkan hoax, karena bisanya hoax berasal dari situs-situs yang tidak terverifikasi sebagai institusi pers resmi.

Untuk lebih membentengi diri dari hoax, pelajari lebih jauh apakah informasi itu berasal dari data dan fakta yang benar ataukah hanya berasal dari opini seseorang. Jangan mudah menyebarkan berita dari portal berita yang tidak terpercaya dengan demikian persebaran hoax akan terhambat. Ikutlah terlibat dalam diskusi anti-hoax yang akan membantu memberikan informasi atas valida tidaknya sebuah berita.

Mari kita lawan hoax dengan lebih rajin membaca dari berbagai sumber berita. Jangan turut serta menjadi bagian dari penyebar hoax. Sangat disayangkan jika Indonesia menjadi terpecah-belah karena hoax dari orang yang tidak bertanggung-jawab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tinggal Di Gading Nias Residence – Apartemen Paling Murah Di Kelapa Gading

Resensi Drama Korea Innocent Man (2012): Pengorbanan Dan Penghianatan Cinta

Hijo De La Luna “Putra Rembulan”