Merayakan Imlek 2019: Tahun Baru China 2570



Tahun Baru China atau yang biasa dikenal oleh warga Indonesia sebagai Imlek, biasanya jatuh pada antara akhir bulan Januari  sampai dengan awal bulan Februari. Tahun ini, Tahun Baru China 2570 jatuh pada tanggal 5 Februari 2019 pada kalender Masehi. Tahun Baru China perna dilarang di Indonesia pada saat pemerintahan Orde Baru, kembali bisa dirayakan oleh Etnis Tionghua Indonesia secara terbuka pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid. Sampai tahun ini, Etnis Tionghua Indonesia bisa merayakan perayaan Tahun Baru China dengan bebas, bahkan dijadikan sebagai Hari Libur Nasional.

Saya sendiri, semasa kecil, tidak ingat pernah merayakanTahun Baru China karena di daerah saya sudah banyak yang tidak merayakan. Saya hanya tahu bahwa Tahun Baru China identik dengan angpao, saya juga jarang dapat angpao saat Taun Baru China. Padahal saya keturnan Etnis Tionghua tapi saya jauh dari kebudayaan asli nenek moyang saya.

Beda dengan saat saya sudah di Jakarta dan menikah dengan suami saya, setiap Tahun Baru China saya ikut merayakan. Dari suami saya, sering saya mendengar cerita tentang perayaan Tahun Baru China. Bukan tentang angpao, tapi juga hal lain yang tidak kalah penting seperti moment kumpul bertemu keluarga besar, makanana-makanan dan kebiasaan sebelum dan saat Tahun Baru China. Makanan-makana yang ada saat Tahun Baru China, seperti kue keranjang, nastar, dodol, minuman-minuman dan banyak makanan lainnya sering saya lihat di rumah mertua saya dan semuanya enak-enak.

Saya senang bisa kembali merayakan Tahun Baru China dan belajar kembali mengenai kebudayaan leluhur saya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tinggal Di Gading Nias Residence – Apartemen Paling Murah Di Kelapa Gading

Resensi Drama Korea Innocent Man (2012): Pengorbanan Dan Penghianatan Cinta

Hijo De La Luna “Putra Rembulan”