Wah... Nggak Diundang Nikahan Nih...


Jaman kuliah, ada satu kejadian yang saya ingat sampai sekarang. Teman satu angkatan ada yang nikah tapi semua temen di kelas nggak diundang kecuali teman kelas yang satu gereja. Teman saya itu jadi pembicaraan teman-teman lain yang merasa jengkel karena nggak diundang. 

Kok, tega ya... tiap hari ketemu tapi nggak undang-undang. Kira-kira seperti itu garis besar pembicaraan mereka. 

Ada yang  bahkan sepakat buat pura-pura nggak tahu dan nggak mau ngucapin selamat. Waktu kita lagi diskusi soal teman itu, si teman ini muncul. Dan, sayalah sang penghianta yang pertama kali mengucapkan selamat sama teman itu. 😜😜😜😜😜Yang lain jadi ikut ngucapin... Jadi gagal deh... rencana buat pura-pura nggak tahu dan nggak ngucapin selamatnya. 

Pertanyaannya, apa memang kita harus jengkel, tersinggung bahkan marah kalau nggak diundang acara nikahan? Atau, kalo kita ngundang temen nikah terus dia nggak datang, apa kita harus kesel dan tersinggung? 

Secara pribadi saya jawab nggak perlu. Karena orang punya hak ngundang atau nggak ngundang siapapun buat dateng ke nikahannya. Orang yang diundang pun punya hak buat dateng dan nggak dateng. 

Yang perlu dipahami, bahwa orang nikah itu pengen bisa undang semua keluarga dan temen-teman yang dia kenal. Nggak selalu karena pengen angpaonya. Tapi, dia pengen berbagi kebahagiaan sama orang-orang yang dia kenal. 

Beberapa alasan kenapa orang nggak diundang ke nikahan: 

1. Keterbatasan Dana 
Ada orang yang memang nggak bisa undang banyak orang ke pernikahannya karena keterbatasan dana. Terutama untuk yang nikah di gedung-gedung. 

Terus, kenapa mereka nikah di gedung kalau nggak bisa undang banyak orang? Persiapan pernikahan itu biasanya dibuat berdasarkan kesepakat calon suami-istri dan keluarga besar. Mungkin saja kedua pasangan pengennya nikah yang lebih sederhana (sewa tenda contohnya?) tapikan belum tentu kalau keluarga besarnya pengen begitu?  

2. Lokasimu yang ada diluar kota atau luar negeri
Si Pengantin ragu-ragu, kamu bakal dateng nggak ya...? Jadi dia putusin undang orang lain yang mungkin bisa dateng karena lokasinya yang masih satu kota atau satu daerah. 

3. Kamu tamu yang bakal ngerusak acaranya 
Mungkin, dulu Si Pengantin mantan pacar terindahmu dan dia nggak mau liat kamu nangis-nangis diacara pernikahannya. Bisa-bisa kehadiranmu lebih menarik perhatian tamu undangan dibanding dengan pasangan mempelai. Bahkan bisa jadi video kamu yang nangis diacara pernikahan mantan jadi viral di internet πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

4. Lupa 
Menikah itu banyak yang harus diurus, mulai dari urusan surat-surat, katering, baju pengantin sampai printilan kecil-kecil lainnya. Jadi bisa aja ada orang yang kelewat buat diundang. Kalo uda gini ya... Maafin aja lahhh... 

5. Sengaja Nikah diam-diam
Bukan karena nggak ada uang, lupa atau kamu jauh, tapi karena temanmu itu nggak pengen ada orang yang tahu soal pernikahannya. Loh, kenapa? Karena kalau ada yang tahu dia bakal dicerca orang dan dia jadi mempermalukan keluarganya. Contohnya adalah nikah dengan suami/istri orang yang masih belum cerai. Bisa juga pernikahan sesama jenis contohnya.

Sebetulnya, nggak ada ruginya nggak diundang ke pernikahan. Banyak loh, keuntungan nggak diundang ke nikahan. 

1. Nggak usah kasih angpao 
Kalau datang ke pernikahan sudah sewajarnya kasih angpao. Sebetulnya sih... nggak wajib kasih angpao asal nggak malu. Jadi, uang angpao-nya bisa dialokasiin untuk kebutuhan lainnya.

2. Nggak usah repot-repot dandan 
Bukan cuma harus dandan tapi juga harus nyiapin baju juga sepatu. Nggak mungkinkan tiap ke nikahan selalu pake baju itu-itu aja? Apalagi kalo nikah di hotel mewah.

3. Bisa melakukan kegiatan lain 
Sebetulnya datang ke pernikahan orang itu cukup menyita waktu loh... Seharusnya ada kegiatan lain yang bisa kita lakuin jadi nggak jadi. Apa lagi kalau acara pernikahan di tempat yang susah dicari.

Kalau kamu nggak diundang ke pernikahan temanmu, kamu harus tetap ngucapin selamat buat dia. Doakan juga agar pernikahan temanmu itu selalu langgeng sampe maut memisahkan. 

Jadi, nggak usah sakit hati, tersinggung dan marah lagi ya... kalo temen kamu nikah nggak undang-undang. Nggak usah digede-gedein kaya apaan aja... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tinggal Di Gading Nias Residence – Apartemen Paling Murah Di Kelapa Gading

Resensi Drama Korea Innocent Man (2012): Pengorbanan Dan Penghianatan Cinta

Dua Serigala Yang Bertarung Di Dalam Diri Kita