Kid's Jaman Now

Sekarang ini sedang trend kalimat “KIDS JAMAN NOW”, kalimat pelesetan dari anak-anak jaman sekarang. Kalimat ini menggambarkan, bagaimana tingkah laku anak jaman sekarang yang dipandang dari sisi negatif. Anak-anak yang bertingkah tidak selayaknya anak-anak. Kebanyakan tingkah laku mereka menjurus ke negatif. Contohnya, masih kecil tetapi berpacaran dengan gaya orang yang sudah dewasa. Contoh lain, masih SD sudah naik motor berboncengan ramai-ramai dan tidak memakai helm . Belum lagi perilaku kekerasan seperti pengeroyokan dan tawuran. Bayangkan saja semua ini dilakukan oleh anak-anak.

Tapi apakah benar “Kids Jaman Now” semuanya memiliki perilaku yang negatif. Semua orang pasti sepakat bahwa tidak semua anak-anak jaman sekarang punya perilaku negatif. Namun, belakangan keburukan merekalah yang banyak disorot sementara sebagian lagi dari mereka adalah anak-anak yang sangat berprestasi. Sebagai contoh, seorang anak bernama Joey Alexander yang saat itu usianya baru 12 tahun, diundang ke acara Grammy Award tahun 2016 untuk mengisi acara musik diacara tersebut. Bukan hanya Joey Alexander, masih banyak sederet anak jaman sekarang yang memiliki prestasi yang gemilang dan membanggakan.
Beberapa puluh tahun yang lalu kitapun adalah anak-anak dan semua orang pasti melalu proses dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa dan akhirnya menua. Tidak jarangkan denger orang tua kita bilang “dasar anak jaman sekarang” setiap kali kita nakal. Kemudian kita bilang, nakalnya anak sekarang beda sama nakalnya anak jaman dulu. Tentu saja beda, karena anak-anak jaman sekarang mengalami ujian yang lebih dari kita dulu. Mereka harus menghadapi tuntutan orang tua yang tinggi, mereka harus bisa menyaring efek negatif dari kemajuan teknologi. Belum lagi, lahan kosong yang dulu tempat anak-anak bermain sudah menjadi gedung. Akibatnya, anak-anak jadi tidak ada tempat untuk bermain seperti selayaknya anak-anak.
Perlu disadari, sebagai orang yang lebih tua, perilaku negatif dari anak-anak jaman sekarang adalah gambaran dari perilaku orang tua jaman sekarang. Jangan selalu menyalakan anak-anak atas perilaku negatif mereka, karena sebagai orang tuapun perlu introspeksi diri. Apa yang membuat mereka jadi bertindak seperti itu?. Mengapa anak-anak jadi dewasa sebelum waktunya? Kalau orang tua merasa karena tontonan sinetron yang tak mendidik, laranglah mereka untuk nonton sinetron. Bukan malah ikut nonton. Kalau karena pergaulan yang tidak baik, arahkan mereka untuk memilih teman yang baik. Yang terpenting adalah beri contoh yang baik pada anak, jika kita melarang anak untuk merokok maka kitapun jangan merokok. Jika kita melarang mereka untuk berbohong, usahakan juga agar kita tidak berbohong. Ingat selalu, bahwa segala tingkah laku kita dilihat oleh anak kita dan akan dicontoh oleh mereka. Saya percaya anak-anak jaman sekarang, bisa menjadi baik bila dibimbing dengan baik pula.  

HIDUP KID'S JAMAN NOW !!!!  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tinggal Di Gading Nias Residence – Apartemen Paling Murah Di Kelapa Gading

Resensi Drama Korea Innocent Man (2012): Pengorbanan Dan Penghianatan Cinta

Dua Serigala Yang Bertarung Di Dalam Diri Kita