Mendoakan Indonesia


Judul tulisan ini mungkin terkesan religius “Mendoakan Indonesia”. Tetapi sejujurnya, saya sebagi penulisnya bukanlah orang yang religius. Hanya saja, ada sesuatu yang kuat tertanam di hati saya untuk menuliskan ini. Karena memang ini sangat penting, melihat kondisi Indonesia belakangan ini yang cukup memperihatinkan. Mulai dari bertebaranya informasi hoax di internet, saling hujat di dunia maya, penyerangan tempat ibadah, terorisme, radikalisme, sparatisme, korupsi, kriminalitas, berkurangnya toleransi dan rasa saling menghargai. Belum lagi isu bahwa Indonesia akan hancur tahun 2030. Melemahnya perekonomian Indonesia akibat suhu ekonomi dunia yang sedang memanas (antara Amerika dan China). Semuanya diparah dengan berbagai bencana alam yang terjadi di Indonesia belakangan ini.

Apa kamu melihat semua ini tidak merasa heran? Dalam keadaan yang terlihat “rusuh” bagaimana mungkin Indonesia masih tetap bertahan? Sementara ada beberapa negara yang berperang karena hilangnya persatuan di negaranya. Ada juga negara yang mengalami krisis ekonomi seperti Yunani dan Venezuela. Indonesia hingga saat ini terlihat baik-baik saja. Tidak berperang dan tidak mengalami krisis ekonomi. Apakah keadaan yang terlihat baik ini akan berlanjut? Apakah mungkin suatu hari negara ini akan hancur? Ataukah Indonesia suatu hari makin membaik dan maju? 
Mungkin banyak orang tidak sempat memikirkan ini karena terlalu bahagia dengan hidupnya. Tapi, ingatlah kalau Indonesia makmur, damai dan sejahtera maka semua orang ikut merasakannya. Sebaliknya, kalau Indonesia hancur, krisis dan perang maka semua orang di Indonesia juga ikut merasakan dampak negatifnya. Jadi, seharusnya kamu mulai memikirkan kondisi Indonesia di masa yang akan datang.

Dengan kesadaran segala kemungkinan yang akan terjadi di Indonesia, saya mengajak siapa saja yang membaca tulisan untuk berdoa untuk negeri ini. Mari berdoa agar negeri ini menjadi negara damai, aman saling mengasihi satu dan yang lain,  agar Tuhan memberikan hikmat dan kebijaksanaan pada pemimpin negara dan semua yang bekerja untuk negara Indonesia. Mari kita berdoa agar bangsa Indonesia menjadi negara yang bebas dari korupsi, terorisme, radikalisme dan sparitisme. Berdoa pula agar Tuhan selalu memberikan kekuatan pada korban bencana alam dan agar masyarakat Indonesia memiliki kesadaran untuk menjaga linkungannya. Dan biarlah kemurahan hati Tuhan selalu ada untuk seluru Bangsa Indonesia.

Sebagai usaha kecil kita untuk mewujudkan doa untuk negara ini, sudah saatnya kita untuk berhenti salin bermusuhan dan membenci. Dimulai dengan berhenti atau paling tidak mengurangi untuk saling caci-maki di sosial media. Fokus untuk bekerja dan tidak banyak mengeluh. Segalanya lebih baik kalau kita mulai dari hal kecil. Termasuk untuk kedamaian di Indonesia ini, dimulai dari kita yang mendoakan negeri dan hidup dengan damai dengan orang lain. Saya yakin bahwa jika Indonesia masih “baik-baik” saja saat ini, itu semua karena ada orang-orang “misterius” yang memiliki kesadaran untuk berdoa bagi negerinya. Sekarang, saatnya kita menjadi bagian itu. 

God Bless U

Tuhan memberkati Indonesia dan mari berdoa untuk Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tinggal Di Gading Nias Residence – Apartemen Paling Murah Di Kelapa Gading

Resensi Drama Korea Innocent Man (2012): Pengorbanan Dan Penghianatan Cinta

Dua Serigala Yang Bertarung Di Dalam Diri Kita